Ibu

Sungguh Aku Akan Kembali Wahai Ibu …!!!
لسوف أعود يا امى … اقبل رأسك الزاكى
Sungguh aku akan kembali wahai ibu … Dan kukecup keningmu yang suci.
أبثك كل اشواقى … وأرشف عطر يمناكى
Akan kutumpahkan semua kerinduanku … Dan kuhirup semerbak kemuliaanmu.
أمرغ فى ثرى قدميك … خدىّ حين القاكى
Akan kubasahkan kedua kakimu … Dengan pipiku saat bertemu denganmu.
أروى الترب من دمعى … سرورا فى محياكى
Aku alirkan pula tanah dengan air mataku … Karena bahagia engkau dalam keadaan selamat.
فكم اسهرت من ليل … لأرقد ملأ أجفانى
Berapa banyak sudah malam silih berganti engkau tidak tertidur … Agar aku dapat memejamkan kedua mata menikmati tidur nyenyak.
وكم أظمأت من جوف … لتروينى بتحنانِ
Dan berapa kali pula dirimu menahan dahaga … Hanya untuk menyegarkanku karena sayangmu kepadaku.
ويوم مرضت لا أنسى … دموعا منكى كالمطر
Saat diriku sakit hari itu tidak akan pernah kulupakan … Deraian air mata mengalir bak hujan yang deras.
وعينا منك ساهرة … تخاف على من خطر
Dan kedua matamu senantiasa terjaga … Takut terjadi sesuatu menimpa diriku.
ويوم وداعنا فجرا … وما أقساه من فجرِ
Di pagi hari perpisahan kita … Sungguh alangkah menyakitkan kala pagi itu.
يحار القول فى وصف … الذى لاقيتى من أجلى
Ucapan penuh kebimbangan dalam menggambarkan … Apa yang telah engkau hadapi demi diriku.
وقلتى مقالة لا زلت … مدكرا بها الدهرِِ ِ
Dan engkau mengatakan satu ucapan yang senantiasa aku … Ingat sepanjang masa.
محال ان ترى صدرا … أحن عليك من صدرى
Mustahil engkau temukan pelukan … Yang lebih tulus dariku.
ببرك يا منى عمرى … إله الكون اوصانى
Untuk berbakti kepadamu wahai tujuan hidupku … Tuhan semesta alam telah mewasiatkanku.
رضاؤك سر توفيقى … وحبك ومض إيمانى
Ridhamu adalah jalan menuju taufikku … Dan cintamu adalah sinar keimananku.
وصدق دعائك انفرجت … به كربى وأحزانى
Dengan doamu yang tulus itu terurai semua … Nestapa dan segala kesedihanku.
ودادك لا يشاطرنى … به أحدٌ من البشرِ ِ
Tidak ada yang boleh membagi cinta kasihmu kepadaku … Siapapun orangnya.
فأنت النبض فى قلبى … وأنت النور فى بصرى
Sebab engkaulah denyut di jantungku … Dan engkaulah cahaya bagi penglihatanku.
وأنت اللحن فى شفتى … بوجهك ينجلى كدرى
Engkau adalah intonasi untuk bibirku … Dengan wajahmu kesuraman menjadi sirna.
اليكى أعود يا أمى … غدا أرتاح من سفرى
Kepadamu aku akan kembali wahai ibu … Esok aku akan beristirahat dari perjalanan jauhku
ويبدأ عهدى الثانى … ويزهو الغصن بالزهر
Dan memulai kehidupanku yang kedua … Dan ranting yang kini berkilau dengan hiasan bunga-bunga.
” *Ahmad Bukhathir* “
Sumber Link :
http://lajnahamalshaleh.com/2017/05/18/sungguh-aku-akan-kembali-wahai-ibu/

Posted in tarbiyah
